Rabu, 21 November 2012

Diet Pasca Lahir

Diet Setelah Melahirkan

Diet Setelah Melahirkan. Olahraga setelah melahirkan agar tubuh bagian perut langsing lebih menarik, maka banyak melakukan olahraga dan diet setelah melahirkan. Salah satu masalah yang kerap mendatangi wanita pasca melahirkan memang berat badan yang naik secara drastis dan tubuh yang menggemuk. Belum lagi perut dan lengan yang terlihat menggelambir karena tumpukan lemak. Atasi masalah itu dengan Diet Setelah Melahirkan

Demi mendapatkan bentuk tubuh langsing seperti sedia kala, diet ketat dan olahraga keras pun dilakukan. Ada yang berhasil tapi banyak pula yang gagal. Menurut pakar diet Mara Newman, normalnya berat badan wanita bisa naik antara 11 kg hingga 16 kg selama dan pasca melahirkan dan itu masih terbilang sehat.

Meski begitu, tetap saja wanita ingin memiliki berat badan ideal dan bentuk tubuh ideal, atau setidaknya tubuh kembali seperti sebelum punya anak. Kabar baiknya, setiap wanita kemungkinan bisa tubuhnya kembali normal seperti dulu. Dan kabar kurang baiknya, perlu waktu cukup lama dan kesabaran tinggi untuk itu. Ini beberapa tips penting bagi Anda yang ingin melangsingkan tubuh setelah melahirkan, dikutip dari Livestrong.

1. Jangan Langsung Nge-gym
Dr. Michael Johnson, spesialis OB/GYN di University of California, Los Angeles mengatakan tidak perlu terburu-buru latihan di gym untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal dengan segera pasca melahirkan. Selama kehamilan, volume darah meningkat sedikitnya 15 persen. Jadi sangat wajar jika tubuh membengkak. Kondisi tubuh yang belum terlalu pulih justru bisa menimbulkan masalah kesehatan yang baru.

"Wanita sering merasakan cincin di jarinya lebih sempit saat hamil, itu lebih sering diakibatkan volume darah yang meningkat," ujar Dr. Johnson.

Cairan yang membuat tubuh terlihat gemuk ini akan berkurang segera setelah kelahiran melalui urin. Biasanya, urin akan keluar sangat banyak antara dua sampai tujuh hari dan berat badan pun berkurang sedikit demi sedikit.

2. Pasang Target yang Rasional
Perlu diingat, yang Anda harapkan adalah tubuh yang kembali normal seperti sebelum melahirkan, bukan lebih kecil atau lebih langsing. Jadi jangan berharap terlalu muluk-muluk untuk mendapatkan tubuh bak model catwalk jika bentuk tubuh Anda sedari awal sudah berbentuk pear atau apel. Waktu paling cepat untuk mengembalikan bentuk tubuh pasca melahirkan adalah enam hingga tujuh bulan; dilakukan dengan diet sehat dan olahraga teratur. Jangan melakukan diet ekstrem karena tubuh Anda memerlukan banyak nutrisi untuk masa pemulihan dan menyusui bayi.

3. Tak Perlu Khawatir Perut Buncit
Perut yang buncit dan kendur menjadi salah satu masalah yang paling banyak dikeluhkan sehabis melahirkan. Hal ini sangat wajar, karena jaringan sel dinding perut pasti memanjang seiring bertumbuhnya janin saat masih di kandungan. Proses perut untuk kembali normal biasanya memakan waktu tiga sampai enam bulan pasca kelahiran. Jadi percuma saja jika Anda melakukan olahraga situp atau crunch sebanyak apapun --dengan harapan perut bisa kembali rata dengan segera.

"Anda bisa melakukan situp dan crunch sepanjang hari tapi tidak akan menghasilkan apa-apa. Harus sabar dan harapannya rasional," tambah Dr. Johnson.

4. Pilih Olahraga yang Tepat
Pasca melahirkan, bukan berarti Anda boleh bermalas-malasan. Tetap lakukan aktivitas fisik yang berfokus pada pergerakan tubuh secara keseluruhan. Latihlah postur tubuh pada beberapa minggu pertama setelah melahirkan. Saat duduk dan menyusui, jaga posisi punggung tetap lurus. Bisa juga mengenakan alat bantu seperti korset bila tubuh terasa tegang.

Sebaiknya setelah melahirkan hindari olahraga berintensitas tinggi seperti lari dan jogging, setidaknya delapan minggu setelah melahirkan. Pilih latihan yang lebih ringan misalnya berenang atau sepeda santai. Tubuh langsing dambaan semua wanita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar