Rabu, 16 Januari 2013

Iran Akan Produksi Film Tandingan "Argo"

Iran Akan Produksi Film Tandingan "Argo"

Pemerintah Iran, dalam hal ini Biro Seni di Teheran, telah mengumumkan pada Senin lalu (14/1/2012) bahwa mereka akan mendanai produksi sebuah film dengan sudut pandang yang berbeda dengan film Argo, yang disutradarai oleh Ben Affleck.
Argo mengangkat peristiwa pendudukan Kedutaan Besar AS di Teheran, Iran, oleh sekelompok warga militan Iran, serta penyanderaan sejumlah warga AS dari 4 November 1979 hingga 20 Januari 1981 dan pembebasan para sandera itu. Di lain pihak, film Iran yang diberi judul The General Staff itu akan, "Merupakan sebuah produksi yang besar, harus merupakan suatu respons yang tepat terhadap Argo, film yang tidak berdasarkan sejarah," tutur Ataollah Salmanian, sutradara The General Staff, kepada Mehr News Agency, kantor berita resmi Iran.

Salmanian menekankan, film yang disutradarainya tersebut akan menggambarkan, "Peristiwa sejarah, tidak seperti versi Amerika-nya (Argo), yang ceritanya tak memiliki pandangan yang tepat."

Argo, yang meraih Best Dramatic Film dalam Golden Globe Awards 2013, Minggu (13/1/2013) waktu Beverly Hills (California, AS), telah dikritik karena memelintir kebenaran. Namun, pihak berwenang Iran lebih menyasar ke bagaimana Argo menggambarkan Iran.

"Film Amerika yang bersifat Iranophobic itu berusaha menggambarkan bahwa orang-orang Iran terlalu emosional, tidak rasional, gila, dan kejam," jelas pihak Press TV, stasiun televisi yang dijalankan oleh pemerintah, dalam sebuah artikel baru-baru ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar