Rabu, 16 Januari 2013

Perkembangan bayi

Perkembangan Bayi 12 bulan


ulang tahun pertamaBayi anda sudah berusia 12 bulan atau 1 tahun dan anda biasanya akan merayakannya hari ulang tahunnya yang pertama ini. Banyak hal yang membuat anda sangat bangga menjadi seorang ibu. Anda menemukan hal-hal ajaib yang sungguh membuat anda takjub dengan bayi anda. Anda tidak bileh berhenti mengamati bayi anda selama anda masih bisa mengamati anak anda. Perkembangan bayi 12 bulan juga sudah sangat banyak. Ibu akan menemukan berbagai hal baru yang dilakukan oleh bayinya. Pada usia 12 bulan, bayi telah bisa mengenal benda yang dia lihat ditempat lain. Misalnya dia punya benda itu dirumah, maka dia akan mudah mengenal benda serupa ketika bayi anda berjalan-jalan dengan anda dipusat perbelanjaan. Usia 12 bulan bisa dikatakan sebagai akhir tahapan sensor motorik pada bayi anda. Bayi anda akan mulai terampil bukan hanya dari berbagai gerakan yang dilakukan saja, tetapi dari segi bahasa dan kosa kata yang akan dikatakan oleh bayi. Bayi juga sangat lincah dalam menerima informasi dari ibunya dan dia akan segera menirukannya.
Kosakata pada bayi usia 12 bulan memang masih terbatas. Bayi biasanya belum bisa mengungkapkan emosi yang dia rasakan dan bayi dalam perkembangan bayi 12 bulan belum bisa juga memberitahukan kepada orang terdekatnya apa yang sebenarnya dia inginkan. Dalam melatih anak anda, ibu juga harus mempraktekkannya. Bayi akan melihat apa yang dilakukan oleh ibunya. Jika ibu hanya melatih tanpa melakukan, maka bayi tidak akan merasa perlu melakukan yang seperti ibunya lakukan. Dalam berkomunikasi dan untuk melatih bayi bicara, ibu bisa menggunakan kata-kata yang mudah diingat oleh bayi. Selain lebih singkat dan mudah diingat, anak belum bisa mengucapkan kata yang rumit sehingga dengan mengatakan kata-kata mudah, bayi lebih percaya diri untuk berkomunikasi dengan orang tua atau teman-teman seumurnya.
Perkembangan bayi 12 bulan, bayi juga sudah bisa mulai memutuskan suatu hal. Bayi sudah bisa memilih pakaian yang hendak dia kenakan. Ibu harus mengerti dan mendorong bayi agar mau dan bisa memutuskan yang dia inginkan.  Pada usia ini, ibu juga bisa melatih bayi agar mulai menggunakan kedua tangannya untuk menggunakan baju atau jepit rambut yang dia inginkan. Dengan begitu, ibu akan mudah melatih kemandirian bayi anda.

Tips

Pada usia 12 bulan, bayi sudah akan aktif mengatakan berbagai kata. Jagalah agar bayi anda bisa tumbuh ditempat dengan situasi yang mendukung perkembangan bayi yang lebih baik. Jangan menggunakan kata kasar atau jorok didepan bayi anda karena bayi akan cenderung meniru. Jangan melakukab perbuatan yang tidak baik juga seperti memukul atau menjewer kakak bayi karena ini akan membuat bayi merasa ketakutan atau menirukan hal yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar